KAPAN HARUS MEMBELI SHOCKBREAKER MOBIL

KAPAN HARUS MEMBELI SHOCKBREAKER MOBIL

Shock breaker bertahan lama, tetapi kemampuan onderdil mobil ini cenderung menurun secara perlahan sepanjang pemakaiannya. Jadi kapan waktunya untuk menggantikannya? Dalam beberapa kasus, segel akan pecah. Tes lama memantul pada body mobil benar-benar hanya panduan kasar apakah kendaraan Anda membutuhkan shockbreaker mobil baru.

Biasanya penurunan yang lambat dalam kinerja shock absorber  tidak akan diperhatikan sampai mempengaruhi daya mengemudi saat di jalan raya.

Tergantung pada seberapa kasar bergelombang jalan yang dilaluai, shock breaker modern dapat bertahan 80.000-100.000 mil, tetapi ingat bahwa kejutan dengan 60.000 mil di atasnya tidak akan berkinerja sebaik shockbreaker yang baru.

Mengganti shock breaker yang sudah usang dapat merevitalisasi penanganan kendaraan, mengembalikan sebagian besar kenyamanan seperti  ketika kendaraan baru. Ketika dikombinasikan dengan satu set ban baru, shock breaker baru dapat mengubah kendaraan dengan kecepatan tempuh yang tinggi berjalan tetap stabil.

Memilih shock breaker untuk kendaraan Anda

Memilih shock breaker untuk membeli sangat tergantung pada jenis kendaraan apa yang Anda miliki dan jenis mengemudi yang Anda lakukan.  Shock breaker tersedia dalam berbagai harga. Seringkali kita mendapatkan apa yang kita bayar. Jika Anda menyukai cara kendaraan Anda naik dan ditangani saat masih baru, gunakan penggantian peralatan shock aslinya.

Jika Anda mencari lebih banyak, ada berbagai pilihan  yang tersedia  untuk Anda, termasuk shock breaker tugas berat untuk membawa beban berat . Seperti kebanyakan komponen otomotif, penting bahwa Anda membeli shock breaker yang tepat untuk kendaraan khusus Anda, karena shock breaker yang tidak seimbang dapat secara drastis mempengaruhi kendaraan dan bahkan bisa berbahaya. Saran terbaik mungkin akan datang dari seorang montir yang akrab dengan jenis mobil Anda pakai.

Shock absorber pada dasarnya adalah pompa minyak yang ditempatkan di antara bingkai mobil dan roda. Punggung atas shock terhubung ke frame (yaitu, berat bermunculan), sedangkan mount yang lebih rendah menghubungkan ke poros, di dekat roda (yaitu, unsprung weight). Dalam desain tabung kembar , salah satu jenis shock breaker yang paling umum, dudukan atas dihubungkan ke batang piston, yang pada gilirannya dihubungkan ke piston, yang pada gilirannya duduk dalam tabung yang diisi dengan cairan hidrolik. Tabung bagian dalam dikenal sebagai tabung tekanan, dan tabung luar dikenal sebagai tabung cadangan. Tabung cadangan menyimpan cairan hidrolik yang berlebihan.

Ketika roda mobil bertemu dengan gelombang  di jalan dan menyebabkan pegas melilit dan mengosongkan, energi pegas ditransfer ke shock breaker melalui dudukan atas, turun melalui batang piston dan ke piston. Lubang melubangi piston dan memungkinkan cairan bocor saat piston bergerak naik dan turun di tabung tekanan. Karena lubangnya relatif kecil, hanya sejumlah kecil cairan, di bawah tekanan besar, yang lewat. Ini memperlambat piston, yang pada gilirannya memperlambat gerakannya.

Semua shock breaker modern memiliki kecepatan-sensitif – semakin cepat suspensi bergerak, semakin banyak daya tahan yang disediakan shock absorber. Hal ini memungkinkan shock breaker untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan dan untuk mengendalikan semua gerakan yang tidak diinginkan yang dapat terjadi dalam kendaraan yang bergerak, termasuk pantulan, goyangan, pengereman percepatan. Semoga cerita diatas dapat menjadi acuan kapan saat tepat mengganti shock breaker anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *