Mengkonsumsi Makanan Pelindung Sinar UV

Sangat tidak mungkin jika kita terhindar dari sinar matahari. Selain pekerjaan kita yang berada di luar rumah, aktivitas lainnya pun mungkin akan langsung tersinari sinar matahari, sebenarnya tidak semua sinar matahari dapat merugikan kulit kita, tapi terdapat beberapa sinar matahari yang justru sangat baik bagi kesehatan kulit kita yaitu sinar UV A dan UV B.

dampak sinar suv bagi kesehatan

Kita tidak perlu menghindari sinar matahari hanya karena alasan takut merusak kulit, kita hanya butuh sesuatu yang dapat mengurangi dampak negatif dari sinar matahari tersebut. terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk melindungi dan mengurangi efek negatif dari radiasi sinar matahari yaitu seperti dengan memakai pelembab kulit yang terdiri dari bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Selain memakai suncreen atau pelembab lainnya, kita juga membutuhkan asupan nutrisi dan antioksidan dari dalam yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang  tinggi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga ikan. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, bukan hanya dapat melindungi kulit kita dari sinar UV, tapi juga akan membuat tubuh kita sehat dan segar.

Buah-buahan yang dapat kita konsumsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yaitu apel yang mana flavanoid yang terkandung di dalam apel dipercaya dapat mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi kulit. Selain itu  apel juga mengandung phenol yang bermanfaat dalam melindungi kulit. Selain apel, buah semangka, wortel, dan buah delima yang kaya vitamin dan antioksidan yang lebih baik dari red wine. Selain buah dan sayuran, ikan salmon juga dapat mencegah penyakit kanker kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

Menghindari Bahaya Sinar UV Saat Di Pantai

Pantai merupakan tempat yang sangat indah dan menjadi tempat liburan bagi anda sekeluarga. Selain menyenangkan, liburan ke pantai bisa membuat anda refresh, karena lebih dekat bersama alam. Sehingga ketika berada di pantai, anda sering lupa waktu, dan tanpa sadar bahaya sinar uv tengah mengintai anda.

Ketika berada di pantai, sinar matahari terasa sangat menyengat kulit. Karena selain udara yang panas, penguapan dari air laut pun membuat matahari semakin terasa panas. Radiasi sinar uv pun tidak bisa dihindarkan, jika terlalu lama berada di pantai dibawah sengatan sinar matahari. Hal inilah yang menyebabkan kulit kita tampak lebih hitam dan memerah ketika pulang dari pantai meskipun cuma beberapa jam saja.

Berikut saya bagikan tips agar anda bisa terhindar dari paparan sinar uv ketika berada di pantai :

  1. Memakai sunblock atau tabir surya pada wajah dan ke seluruh tubuh, sebelum anda pergi ke pantai.
  2. Jika ingin berenang atau bermain pasir di pantai, hendaklah anda memilih waktu yang tidak terlalu panas, yaitu antara jam 9 pagi sampai jam 11 siang.
  3. Memakai pakaian longgar, yang sejuk dan menyerap keringat.
  4. Menggunakan kaca mata hitam untuk melindungi daerah sekitar mata anda.
  5. Memakai topi ketika berjemur atau bermain di tepi pantai, untuk mengurangi paparan langsung sinar matahari ke wajah anda.
  6. Baca Artikel Menarik Lainnya http://www.vaseline.co.id/skin-health-care/4_bahaya_sinar_uv_bagi_kulit.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *