Pemain Muda Jadi Kapten Persela Pengganti Choirul Huda – ilovebeepbeep.com

Setelah kiper Chorul Huda meninggal dalam tragedi tabrakan dengan bekĀ Persela Lamongan asal Brasil, Ramon Rodrigues, ban kapten tim berjulukan Laskar Joko Tingkir ini sempat mampir di lengan Jose Manuel Barbosa Alves hingga berakhirnya kompetisi Liga 1 2017.

Setelah itu, jabatan kapten tim pun lowong lantaran Jose tak lagi memperkuat Persela di Liga 1 2018. Banyak orang menebak-nebak, bahkan meyakini ban kapten akan melingkar di lengan salah satu dari dua pemain senior yang dipertahankan, Samsul Arifin atau Eky Taufiq.

Namun, pelatih kepala Persela Aji Santoso justru membuat keputusan mengejutkan dengan memilih pemain muda Ahmad Birrul Walidain. Aji tak sembarang tunjuk, ia memiliki sejumlah alasan menempatkan ban kapten di lengan pemain belia ini.

“Sikap dan perilaku Birrul sangat baik. Dia pemain muda, tapi sikapnya dewasa. Dia juga memiliki jiwa kepemimpinan,” tutur Aji.

Alasan lainnya, Birrul selalu memberikan 100 persen kemampuannya ketika berlatih maupun bertanding. Birrul juga salah satu pemain asli binaan Persela dan lebih dulu membela tim kebanggaan LA Mania itu ketimbang pemain lain yang kini menghuni skuat Persela.

Birrul sendiri menjalani debutnya menjadi kapten ketika bentrok dengan Kedah FA di turnamen Suramadu Super Cup 2018 (8/1/2018) lalu. Mengemban tugas sebagai kapten, Birrul nyaris membawa fifacash menang. Sayang, keunggulan 2-1 Persela lenyap setelah di menit-menit akhir Kedah mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Meski gagal memenangi laga kontra Kedah FA, Persela di bawah kapten barunya ini meraih hasil positif di akhir turnamen dengan menempati posisi runner-up.

Terlepas dari itu, Birrul mengakui ban kapten yang tersemat di lengannya memberikan tanggung jawab lebih terhadap dirinya. Namun, ia memastikan bahwa itu bukanlah beban.

Pemain asli Lamongan ini mengaku, menjadi kapten menuntutnya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi timnya, terutama dalam memimpin rekan-rekannya di lapangan maupun di luar lapangan. “Ini amanah dari pelatih, dan saya akan berusaha jalani sebaik-baiknya,” ucap Birrul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *