Wajib Tahu 8 Bagian Dari LCD Proyektor

Wajib Tahu 8 Bagian Dari LCD Proyektor

Di dalam LCD Proyektor terdapat bagian-bagian dengan fungsi yang berbeda, setiap bagian tersebut seara berkesinambungan bertugas dengan baik untuk memproyeksikan video maupun gambar ke layar ataupun dinding.

Saat Anda membeli proyektor khususnya LCD Proyektor, pastikan jika Anda memahami setiap bagian dan fungsi dari proyektor tersebut, pemahaman ini penting guna menghindari kerusakan proyektor karena kelalaian pemakaian sewa lcd proyektor semarang. Berikut ini bagian LCD Proyektor serta fungsi yang berada di dalamnya.

Power Supply

Barang elektronik tidak bisa terbentuk sendiri, harus ada komponen-komponen yang menyusunnya, kekurangan dari barang elektonik ialah satu saja komponen hilang atau rusak maka barang tersebut tidak bisa digunakan lagi. Di dalam LCD Proyektor, Anda akan menemukan adanya Power Supply yang fungsinya untuk membantu memberikan supply tegangan pada seluruh system proyektor. Jika power supply tidak bekerja dengan baik, maka proyektor tidak akan bisa menyala.

Ballast

Komponen ini memiliki fungsi untuk membantu memberikan tegangan untuk memberikan informasi pada mainboard jika ballast sudah bekerja secara normal dan optimal, ballast ini pun berfungsi untuk menyalakan lampu.

Mainboard

Pengaturan sekaligus pengontrolan yang terjadi pada system proyektor umumnya dilakukan oleh mainboard.

Optical Engine

LCD Proyektor umumnya memiliki optical engine yang bertugas sebagai pemecah warna dari 3 komponen warna utama yaitu warna merah, biru dan hijau.

Lamp

Bila lampu yang Anda gunakan sudah lawas, maka gambar yang akan dihasilkan akan kurang jernih, bahkan dalam beberapa kasus, lampu yang sudah tua bisa memicu kerusakan dan ledakan terhadap proyektor. Fungsi utama lampu adalah sumber cahaya yang akan memantulkan sinar dari proyektor, jadi selalu pastikan jika lampu yang Anda gunakan dalam kondisi prima, ganti baru bila diperlukan.

LCD Panel

Proyektor tipe ini tentunya memiliki LCD Panel yang fungsinya tidak lain untuk menampilkan gambar sebelum gambar akhirnya diproyeksikan.

Lensa

Lensa ini berfungsi untuk mengatur besar dan kecilnya citra proyeksi, jadi bila gambar yang ditampilkan masih kurang jelas, Anda bisa memperbesarnya dengan mudah.

Kipas

Terakhir adalah kipas yang berfungsi untuk mendinginkan proyektor yang mudah panas bila terlalu lama digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *